Info & Tips Properti

Surat Keterangan Penghasilan Tambahan Untuk KPR

Surat Keterangan Penghasilan Tambahan Untuk KPR

Dari pengalaman menguruskan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang selama ini dilakukan PropertyToday, banyak menemui kendala yang berakibat gagalnya persetujuan kredit. Bank meragukan kemampuan membayar cicilan nasabah diukur dari administrasi formal pendapatannya. Istilah “bank-able” yang banyak digunakan oleh analis kredit perbankan hanya mengakui dan mengacu kepada pendapatan nasabah yang bisa diverifikasi secara formal administrasi sumbernya. Kenyataan nya, masyarakat umum di Indonesia belum sepenuhnya menyadari tentang pentingnya pencatatan administrasi serta pelaporan dari sumber pendapatan riilnya. Faktor adiministrasi pendapatan ini terkadang tidak sesuai dan tidak mencerminkan kemampuan mengangsur sebenarnya dari nasabah pengaju KPR.

Terjadi ketimpangan pemahaman antara perbankan dan masyarakat umum tentang kemampuan mengangsur cicilan kredit. Selera perbankan adalah bukti administratif penghasilan sementara masyarakat lebih mengukur dari pendapatan mereka sebenarnya, yang terkadang tidak selalu  tercatat formal. Sebagaian kecil saja dari mereka yang melek perbankan. Menegaskan sebagai contoh, pegawai negeri dengan gaji 2,4 juta, ditolak pengajuan KPR-nya senilai 150 juta karena slip gajinya dianggap tidak mencukupi untuk mengangsur. Padahal, bisa jadi istrinya mengelola toko kelontong di rumah, atau mereka memilki sawah produktif seluas 1 hektar yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan secara nyata.

Demi menjembatani kebuntuan tersebut, langkah pintar yang bisa dilakukan adalah membuat Surat Keterangan Penghasilan Tambahan yang dibuat bermaterai cukup untuk meyakinkan analis kredit perbankan. Bahwa, sebenar-benarnya mereka mampu untuk mengangsur cicilan pinjaman KPR. Akan jauh lebih baik lagi jika pernyataan penghasilan tambahan ini juga tampak sesuai dengan mutasi keuangan yang dicetak di buku rekening tabungan bank. Cara ini mudah dibuat, tetapi seringkali terlewat dilakukan.


1 Tanggapan

  1. kang sis mengatakan:

    wah bermanfaat sekali info ini

Tulis Tanggapan