Pilih Suku Bunga Efektif Karena Murah Angsurannya

Pilih Suku Bunga Efektif Karena Murah Angsurannya

Suku bunga KPR fluktuatif dikenal dengan beragam istilah. disebut suku bunga menurun, suku bunga anuitas dan dinamai pula suku bunga efektif. Pada dasarnya yang dimaksud adalah jenis suku bunga KPR yang angsurannya berubah-ubah secara fluktuatif. Suku bunga ini banyak diterapkan di bank konvensional, bank umum kebanyakan. Jenis suku bunga ini memilki beberapa keuntungan bagi nasabah dalam hal rendahnya jumlah cicilan dibandingkan dengan bank syariah. Dengan plafon kredit yang sama, dari segi jumlah pinjamannya, tetapi cicilan suku bunga efektif lebih murah dan cenderung berubah sesuai ketentuan SBI terbaru. Oleh perbankan konvensional bentuk penawaran paket kreditnya pun lebih beragam. Dalam bulan-bulan tertentu, biasanya terdapat paket subsidi bunga yang berlaku sesuai ketentuan. Paket subsidi tahun baru, paket imlek, paket lebaran, peket hari kemerdekaan dan lainnya.

Ada jenis paket subsidi suku bunga yang berlaku di satu tahun pertama, dua tahun pertama, dengan demikian banyak pertimbangan bisa dipilih bagi nasabah terhadap model cicilan fluktuatif ini. Akan tetapi, perlu disadari beberapa hal lain yang disesuaikan dengan kondisi nasabah, dalam hal pelunasan kredit misalnya. Meski angsurannya murah, jika terjadi pelunasan sebelum tenggat waktu yang tercantum dalam akad kredit, nasabah dikenakan pinalty 1 – 3 % . Atau setara dengan jumlah 1 kali angsuran di beberapa bank tertentu. Juga, berlaku dalam suku bunga KPR fluktuatif komposisi pengurangan hutang pokok nya lebih dibandingkan bunganya. Disetiap angsuran yang dibayarkan di tahun pertama hingga tahun ketiga, komposisi nilai bunganya lebih besar. Berakibat pada tidak signifikannya sisa pokok hutang jika dilunasi sebelum waktu berakhirnya kredit.

Dengan segala hormat kami memohon agar anda tidak melakukan praktek (maaf) plagiarisme. Mari kita sama-sama berupaya untuk tidak melukai satu sama lain. Jika anda ingin mempublikasikan ulang artikel-artikel dari situs web propertytoday.co.id di media publikasi anda, silahkan hubungi kami untuk mengetahui etika dan cara-cara yang bisa kami terima.

Tulis tanggapan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*
*