Contoh Script Selling , Rumus Marketing Perumahan Villa Sawit Regency

Contoh Script Selling , Rumus Marketing Perumahan Villa Sawit Regency

Lanjutan…

Melanjutkan tulisan sebelumnya, mencontoh script selling sebagai rumus marketing perumahan Villa sawit Regency, Purwakarta, kiranya cukup jelas apa yang harus dipersiapkan oleh marketing ketika menjawab pertanyaan konsumen.  seputar detail produk rumah yang dijual, cara pembelian, keunggulan produk, dan insentif kemudahan yang didapat konsumen.

Setelah mendapat informasi umum tentang produk perumahan, biasanya konsumen terus mencecar marketing dengan pertanyaan yang lebih spesifik. Bertanya apakah ada pengecualian khusus, kemudahan  maupun kompromi spesial dari developer untuk konsumen. Jawaban marketing yang terstruktur dan sesuai kebijakan manajemen developer amat menentukan keberhasilan transaksi pembelian.

Sebagai contoh, uraian di bawah ini berisi ketentuan khusus yang diberikan manajemen developer Villa Sawit Regency kepada konsumen.

Bisa gak kalau beli Villa Sawit Regency Uang Mukanya 10 persen?

Sangat bisa. Khusus bulan ini kami mempunyai program khusus pembelian cukup dengan DP 10 persen. Syaratnya konsumen memberikan tanda jadi Rp. 3000.000 dan menyerahkan persyaratan KPR tak lebih dari 1 minggu setelah pembayaran DP. Konsumen bahkan bisa membayar DP-nya dengan dicicil hingga 3 x selama 3 bulan secara bertahap.

Biaya pajak dan akadnya berapa, dan jenis pajak yang ditanggung konsumen apa saja?

Normalnya biaya pajak pembelian sebesar 5 % dari harga jual, bernama BPHTB dan 1 persen untuk BBN (Bea Balik Nama) sesuai dengan ketentuan perundangan. Dan penjual dikenakan pajak PPH final sebesar 5 persen, hampir sama dengan konsumen. Cara perhitungannya didasarkan atas nilai NJOP  (Nilai Jual Objek Pajak sebagaimana tertera dalam slip PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Lebih tepatnya notaris kami yang akan menghitungkan saat AJB (Akta Jual Beli).

Tanahnya bermasalah tidak? maksudnya disengketakan atau tidak?

Kami developer kredibel, berani memberi  jaminan 100% tentang faktor keamanan legalitas. semua proyek yang kami kelola dipastikan bebas dari sengketa, gugatan atau permasalahan hukum apapun dari pihak lain. Dengan senang hati kami akan antar konsumen ke Notaris  Nora Indryani, SH di Jl. Dr. Kusumahatmadja, No. 5, Nagri Tengah Purwakarta, untuk melakukan pengecekan dokumen legalitas Villa Sawit Regency.

Kalau ternyata persetujuan KPR dari bank tak sesuai pengajuan bagaimana solusinya?

Kami menawarkan solusi pembayaran cash bertahap atau mencicil langsung ke developer seandainya plafon KPR dari bank tak sesuai pengajuan. Jika KPR ditolak bank, uang muka akan kami kembalikan setelah dipotong administrasi, tetapi kalau konsumen bersedia melanjutkan, bisa dibayar dengan cash bertahap selama 12 bulan. Pimpinan kami akan memutuskan setelah terjadi diskusi bersama konsumen berapa lama waktu ideal yang disepakati.

Untuk pelunasan KPR bank ada potongan engga?

Soal ini murni keputusan perbankan. Lumrahnya jika konsumen melunasi KPR sebelum tenggat waktu kredit berakhir, dapat potongan hanya membayar sisa hutang pokok saja. Umumnya konsumen dikenakan  denda sebesar 2 %, bisa juga dikenakan wajib bayar sekali nilai angsuran di luar sisa pokok hutang. Semuanya akan diterangkan petugas bank dan notaris saat penandatangan akad kredit.

Berapa lama proses KPR hingga akad kredit di bank?

Terhitung dari data KPR konsumen lengkap diterima bank, maksimal 2 Minggu sudah ada keputusan dari bank. Bahkan untuk konsumen berkategori Pegawai Negeri Sipil dan karyawan BUMN hanya perlu 1 minggu putusan keluar.

Misalkan persyaratan KPR belum lengkap, apa bisa diproses di bank, solusinya bagaimana?

Solusi paling gampang, ya persyaratannya harus dilengkapi. Data persyaratan dari perbankan itu elementer, tidak bisa tidak harus dilengkapi. Tanpa data lengkap pengajuan KPR tak akan diproses di bank.

Saya pengen ambil rumah, tapi masa pensiun saya tinggal beberapa tahun, bagaimana solusinya?

Saran kami uang muka pembelian rumahnya diperbesar, menyesuaikan persetujuan KPR dari bank. Karena masa angsur berdasar masa pensiunnya pendek, maka jalan satu-satunya adalah dengan memperbesar angsuran uang muka. Atau bisa juga kita berikan kebijakan khusus dengan pembelian cash bertahap selama 12 bulan tanpa bunga. Dibayar langsung ke developer. Kami perlu berkoordinasi dulu dengan atasan, segera kami kabari hasilnya nanti.

Jika DP saya cicil 6 kali selama 6 bulan, kapan rumah mulai dibangun dan berapa lama selesai?

Sebagaimana tercantum di Perjanjian Pengantar Jual Beli (PPJB) lama masa pembangunan untuk semua type adalah 4 bulan sejak DP dilunasi atau SPK (Surat Putusan Kredit) dilunasi konsumen. Bisa pula perhitungan pembangunan rumah dimulai setelah akad kredit di bank terlaksana. Kalau BAST (Berita Acara Serah Terima Bangunan) dilakukan setelah semua ketentuan kewajiban pembayaran ke developer dilunasi konsumen.

Apa keuntungan saya sebagai konsumen, rumah dibangun dulu atau rumah dibangun setelah akad?

Semua perumahan di lingkungan Villa Sawit Regency yang menggunakan fasilitas KPR, dibangun  setelah Akad Kredit. Keuntungannya, konsumen bisa mengawasi proses pembangunan, mengontrol kualitas pengerjaan langsung di lapangan. Konsumen puas karena melihat langsung tahapan pekerjaan dilaksanakan. Kalau rumah siap huni, konsumen tak bisa lagi mengukur kualitas, terutama soal instalasi listrik dan air.

Rumah di Villa Sawit Regency terkesan mahal, apa yang membedakan dengan perumahan lain?

Namanya saja kesan, tak sepenuhnya akurat. Perumahan Villa Sawit Regency murah, kualitas bangunannya, lingkungannya pun sangat rapi tertata dalam cluster  terbaik. Lihat saja detail bangunannya, material yang terpasang semuanya rapi dan mewah. Perlu diketahui, perimbangan fasum dan kavling di perumahan kami adalah 43/57 persen dari luas lahan. Bisa dibilang langka ada developer yang mengalokasikan tanahnya hampir 50 persen untuk Fasum.

Catatan: saat menyususn script selling marketing perumahan wajib melakukan penyesuaian dengan karakter lingkungan proyek dan tipikal masing-masing proyek yang bisa berbeda satu sama lain. Tak boleh menyamaratakan satu script selling untuk semua proyek perumahan.

 

Info Konsultan Developer: Afra Dian Yasmin, 081804054813

Tags: 

Tulis tanggapan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*